Gowa, 17 Desember 2024 – Program Studi Sosiologi
Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar melaksanakan
kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) sebagai bagian dari upaya peningkatan
mutu dan penjaminan kualitas akademik. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 17
Desember 2024 dan dilaksanakan oleh auditor internal UIN Alauddin Makassar, Ferawati
Taherong, M.Ked.
Audit ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh
Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar untuk memastikan pelaksanaan
standar mutu pendidikan di tingkat program studi berjalan sesuai dengan standar
yang telah ditetapkan.
Dalam pelaksanaan audit tersebut, turut hadir sebagai
auditee:
- Dr.
Asrul Muslim, S.Ag., M.Pd selaku Ketua Program Studi Sosiologi Agama,
- Ratnah
Rahman, S.Sos., M.Si sebagai Sekretaris Program Studi, serta
- Dr.
Santri Sahar, M.Si selaku Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Program
Studi Sosiologi Agama.
Audit berlangsung di ruang Prodi Sosiologi Agama dan
berjalan dengan lancar serta komunikatif. Auditor mengevaluasi sejumlah dokumen
penting, di antaranya dokumen capaian Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana
Pembelajaran Semester (RPS), pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta
laporan kegiatan akademik dan non akademik.
Ketua Prodi, Dr. Asrul Muslim menyampaikan bahwa kegiatan
ini sangat penting sebagai bagian dari upaya reflektif dan evaluatif untuk
mengidentifikasi kekuatan dan aspek yang perlu ditingkatkan di lingkungan
prodi. "Audit ini menjadi cermin bagi kami untuk terus memperbaiki dan
menjaga kualitas layanan pendidikan di Program Studi Sosiologi Agama,"
ujarnya.
Sementara itu, auditor Ferawati Taherong memberikan beberapa
catatan dan rekomendasi strategis yang dapat menjadi dasar perbaikan dalam
siklus penjaminan mutu berikutnya. Ia juga mengapresiasi keterbukaan dan
kesiapan dokumen yang disiapkan oleh tim Prodi.
Kegiatan Audit Mutu Internal ini diharapkan dapat menjadi
pijakan bagi Program Studi Sosiologi Agama dalam meningkatkan akuntabilitas,
transparansi, dan mutu akademik secara berkelanjutan menuju standar pendidikan
tinggi yang unggul. (AS_M)